Tuesday, 16 August 2016

Kantor Pengacara Nomor Satu Di Halaman Google Indonesia

Cara pengacara menjadi nomor satu di halaman Google Indonesia incaran serius kantor bisnis, baik yang bersifat online/daring maupun kantor bisnis offline/during. Tentu saja, sektor jasa yang memberikan bantuan hukum dari seorang atau beberapa pengacara juga tidak mau ketinggalan (baik itu anggota Perhimpunan Advokat Indonesia atau PERADI, maupun para advokat anggota Non-Peradi), dimana dengan segenap kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang dimilikinya berusaha keras untuk serius membuat jasa bantuan hukum online dengan mengoperasikan secara online web kantor pengacara yang dimilikinya.

Kantor Pengacara N Hasudungan Silaen, SH Nomor 1 Anggota Peradi Di Halaman Mesin Google Indonesia

Tentu saja, website atau situs maupun blog kantor pengacara-nya di disain sedemikian menariknya, apakah kantor hukum online yang dioperasikan tersebut menggunakan CMS (Content Management System) Blogspot, Wordpress dan Mywapblog. Karena motivasi utama membuat web kantor pengacara online adalah dalam rangka untuk menunjang berbagai kegiatan atau aktivitas jasa pengacara apakah itu yang bersifat personal maupun dalam hal menunjang kegiatan yang berbau penanganan perkara/kasus-kasus yang pernah ditanganinya. Yang terpenting web kantor hukum dimaksud dapat merupakan bahagian dari promosi online yang pada akhirnya nanti dapat memberikan keuntungan atau penghasilan bagi pengacara yang bersangkutan. Tentang apa arti, definisi dan atau pengacara, anda dapat membaca artikel tulisan yang telah kami muat dan publikasikan dalam sites ini, silahkan klik saja => "apa itu pengacara praktek".
   
Secara faktual, terlepas dari faktor CMS (Content Management System) yang digunakan oleh kantor pengacara yang bersangkutan berikut dengan domain dan atau hosting yang disewa, apakah CMS Blogspot, CMS Wordpress dan CMS Mywapblog, dimasing-masing CMS web tersebut telah include adanya kemampuan untuk bersaing menjadi nomor satu di mesin pencari Google Indonesia. Dimana kemampuan yang dimaksud adalah telah digunakannya SEO  (Search Engine Optimization) kedalam setiap sistem-nya, namun belum bersifat optimal. Nah, disinilah peran dari owner atau pemilik web untuk mendongkrak SEO CMS (Content Management System) yang dipergunakan oleh web/blog kantor pengacara (baik itu anggota Perhimpunan Advokat Indonesia atau PERADI, maupun para pengacara anggota Non-Peradi) tersebut, sehingga kemampuannya bisa lebih digjaya dalam persaingan kata kunci-kata kunci utama yang dipakai dalam dunia profesi pengacara dan atau dalam kegiatan advokasi yang dilakukan oleh para pengacara di mata mesin pencarian (misalnya msn, yahoo, google, bing, yandex, baidu, dsb), terkhususnya untuk Google Indonesia.

Nah, sebelum kantor pengacara yang dimiliki bisa dengan mudah masuk menjadi No. 1 di halaman Google Indonesia, tentu saja diwajibkan bagi setiap para pengelola web/sites kantor pengacara menggunakan cara atau teknik optimasi SEO untuk memaksimalkan kemampuan SEO web kantor pengacara. Namun sebelumnya sangat diwajibkan terlebih dahulu memahami bagaimana caranya mengoperasikan dengan baik sebuah web/situs/blog, setelah paham menjalankan web atau sites untuk sebuah web kantor pengacara online dimaksud dengan baik dan benar, barulah anda belajar untuk memahami berbagai teknis pemanfaatan SEO pada web kantor pengacara tersebut. Karena logikanya, bagaimana anda bisa belajar memahami menggunakan SEO, sementara mengoperasikan web secara baik dan benar saja tidak becus.

Bila anda sudah paham mengoperasikan atau menjalankan web (seperti teknik mempublikasikan konten artikel/tulisan, cara upload dan download gambar, mendisain web, membuat berbagai halaman statis, dan cara lainnya), barulah berlanjut bagaimana caranya membuat atau menyususn strategi agar konten-konten yang kita buat baik berupa tulisan, gambar ataupun video dapat dengan mudah dan mulus masuk menjadi nomor 1 ke halaman mesin pencari google. Disinilah peran startegis dari penggunaan SEO tersebut.

Ingat, bahwa persaingan untuk bisa kantor pengacara (baik itu anggota Perhimpunan Advokat Indonesia atau PERADI, maupun para pengacara anggota Non-Peradi) tercatat di halaman satu dan atau ranking nomor 1 di Google Indonesia adalah sangat berat dan juga sulit, karena ada berjuta-juta website atau beribu-ribu situs kantor pengacara yang sudah online, ditambah dengan berbagai kanal online/daring lain yang menggunakan berbagai fasilitas teknologi informasi dan telekomunikasi (tik), misalnya seperti jejaring media sosial (seperti facebook, instagram, line, path, twitter, whatsapp), forum-forum komunitas, forum directory, serta media-media massa lainnya yang dapat diakses dengan menggunakan medium internet dan memuat segala informasi yang berhubungan dengan hukum, kantor pengacara dan juga tindakan advokasi yang dilakukan oleh banyak paralegal dan atau pengacara publik di nusantara ini. Sulit bukan !!!

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa para pengguna internet dunia diakhir kuartal ketiga tahun 2016 ini, mengalami perkembangan dan atau pertumbuhan yang sangat cepat mengalahkan jumlah penduduk Indonesia, dimana kecenderungannya juga telah bergeser dengan menggunakan fasilitas internet mobile via beragam jenis smartphone tercanggih. Tentu saja, karena tumbuh subur para pengguna internet ini, maka sangat wajar persaingan di dunia digital internet-pun semakin ketat dan berat pula, terlebih-lebih untuk web atau laman kantor advokat di Indonesia. Coba anda banyangkan, berapa banyak situs para pengacara anggota Perhimpunan Advokat Indonesia atau PERADI maupun para pengacara anggota Non-Peradi yang ada di nusantara dan tanah air Indonesia yang kita cintai ini? Dan apakah semua web/situs tersebut memiliki keunggulan prima dan bisa menang di setiap persaingan halaman mesin browser internet? Silahkan dijawab sendiri, namun bagi yang belum, mari sama-sama dicermati apa yang akan kami bahas tentang pemanfaatan SEO untuk memenangi persaingan di halaman satu para mesin pencari.

Cara Web/Situs Kantor Pengacara Muncul Di Halaman 1 Google
Secara teori SEO maupun praktek Search Engine Optimization, cara agar sebuah web/situs kantor pengacara bisa muncul atau tercatat dengan baik bisa menduduki posisi halaman satu google Indonesia adalah dengan menajemen penggunaan teknik optimasi SEO ONPAGE dan juga SEO OFFPAGE, yang penjelasan adalah sebagai berikut:

1. SEO OnPage
Penggunaan SEO onpage adalah langkah pertama yang harus dipikirkan secara matang dan profesional dilakukan setelah tersedianya sebuah website atau blog kantor pengacara, apakah yang menggunakan CMS (Content Management System) Blogspot, Wordpress dan Mywapblog maupun yang lainnya. Dimana SEO onpage ini dapat dioptimalkan dengan cara atau teknik seperti dibawah ini:
  1. Pergunakanlah template atau theme yang benar-benar mendukung 100 % SEO yang friendly.
  2. Pergunakanlah kata-kata sebagai tag untuk keyword primer atau kata kunci tertarget yang menjadi sasaran utama anda.
  3. Sedangkan untuk deskripsi website, silahkan untuk diisi dengan hal-hal yang berhubungan pada keyword anda (contoh pada website kantor pengacara kami ini, kami mengisinya dengan kata-kata: “Website Jasa Kantor Advokat, Pengacara, Konsultan Hukum Anggota Peradi Di Medan, Sumatera Utara, Indonesia). Dan terakhir untuk urusan penggunaan keyword, agar mencantumkannya didalam setiap konten artikel baik berupa tulisan, gambar dan juga video yang anda buat dan publikasikan. Mengenai apa keyword tertarget berikutnya yang akan anda pakai, harap disesuaikan dengan kebutuhan dan atau kondisi isi konten yang berhubungan dengan penyampaian visi dan misi web/sites kantor pengacara yang anda buat, namun jangan lupa agar memadukannya dengan penggunaan ikon “emphasize” (seperti memberi bold, italic, underline, coret tengah, dlsb).
  4. Pergunakanlah alamat URL yang 100% SEO friendly dan TLD (Top Level Domain), dan mohon agar hindari menggunakan parameter lain. Sisipkan keyword andalan utama anda di dalam sebuah link url yang anda buat, sebagai contoh adalah url link website ini => http://advokat-silaen-associates.blogspot.com/2016/01/pentingnya-seo-bagi-website-advokat-di.html dan sebagainya. Nah coba anda perhatikan, antara alamat situs dengan alamat url link artikel tulisan tersebut ada kesesuaian, dimana kedua-duanya terdapat kata: “ADVOKAT”, yang mana kata ADVOKAT ini dapat dimaknai menjadi kata kunci utama tertarget yang berpeluang sangat besar bisa mengantarkan artikel tersebut masuk halaman pertama (page one) di seluruh mesin pencari, khususnya mesin pencari google Indonesia. Nah, pokok dan intinya adalah untuk keberadaan web/blog kami ini, kata-kata yang berisi nama atau kata di alamat url domain yang dalam hal ini adalah kata “ADVOKAT”, “SILAEN” dan “ASSOCIATES” adalah kata kunci utama dari website/blog ini untuk menjadi sebuah kantor advokat nomor 1 di halaman mesin pencari Google Indonesia.
  5. Optimasikan judul atau yang menjadi kepala di web/blog (baik itu title tag pada posisi di H1, H2, H3, H4, H5 dan H6) dengan menyisipkan kata kunci didalamnya (contoh website/blog ini memakai target kata kepala judul H1 => “KANTOR ADVOKAT & PENGACARA MEDAN”, namun perlu diingat bahwa title tag kepala judul diatas tidak boleh melebihi jumlah 70 karakter dan meta description tidak boleh lebih dari 160 karakter (kalaupun lebih maka akan otomatis dipotong langsung oleh mesin pencari, jadi pilihlah kata-kata yang benar-benar menjadi keyword-keyword unggulan anda pada 160 karakter pertama).
  6. Pilihlah domain yang bisa memakai www dan atau http dan atau tanpa memakai www, http karena secara prinsip adanya perbedaan tersebut akan dimaknai mesin pencari Google Indonesia sebagai domain-domain yang berbeda pula. Tapi, anda tidak perlu takut ataupun kuatir (apabila anda berkategorikan master website) karena atas adanya perbedaan pemaknaan tersebut dapat disiasati dengan menggunakan “teknik redirect 301” yang telah disediakan oleh CMS (Content Management System) Blogspot, Wordpress dan Mywapblog.
  7. Buatlah halaman yang baik dan relevan, serta enak dilihat oleh pembaca atau pengunjung setia web/blog kantor pengacara anda, khususnya dibaca oleh robot text spider yang dimiliki oleh mesin pencari Google Indonesia. Mohon hindari penggunaan iframe, flash, karena robot spider tidak bisa membaca file tersebut dengan baik dan benar, serta juga akan membuat akses loading terhadap web/blog anda akan semakin lambat. Satu hal yang perlu terus diingat, bahwasanya konten yang ada di web adalah raja, oleh karenanya perbanyaklah isi konten yang beragam, bermutu, berkualitas, bermanfaat dan berstandarkan SEO Friendly.
  8. Bila anda telah mahir, segeralah lakukan kompres terhadap file halaman website/blog anda dengan menggunakan file .gzip atau caching dan minimalkan seluruh file-file seperti css, javascript, dan atau gambar dalam rangka meningkatkan kecepatan loading website anda, karena hal tersebut adalah sebagai salah satu kriteria dan penilaian yang akan dilakukan oleh google apakah SEO web anda telah optimal atau tidak.
  9. Terakhir, jangan lupa untuk membuat atau memasang ikon link media sosial di website/blog anda, untuk mempermudah promosi web anda kedepannya, sekaligus sebagai salah satu startegi yang baik untuk menciptakan link building jangka panjang.
2. SEO OffPage
Setelah kita memahami tentang pemanfaatan SEO OnPage sebagaimana kami uraikan diatas dalam rangka untuk menempatkan berbagai konten (apakah artikel/tulisan, gambar ataupun video) milik kantor advokat agar bisa dengan mulus muncul di halaman satu google Indonesia, maka kita lanjutkan pembahasan tentang bagaimana caranya menggunakan teknik SEO OffPage, karena baik itu SEO OnPage dan juga SEO OffPage adalah merupakan serangkaian kegiatan optimasi SEO website/blog yang harus dilakukan secara menyeluruh dan tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Karena itu, agar tetap mempelajari apa yang telah diuraikan dalam penjelasan SEO On Page diatas, agar nantinya dapat secara bersama-sama dikolaborasikan kedua bahagian seo tersebut, sehingga hasil yang dicapai untuk web kantor pengacara anda akan lebih optimal, karena secara prinsipil kedua teknik SEO tersebut adalah saling dukung mendukung.

Memang, pelajaran dan atau tutorial tentang SEO telah menjadi tranding topik di media internet online dan hari ke hari sangat ramai pula dibicarakan para audiens si pengguna internet, mungkin mengingat efek yang dihasilkannya sangat luar biasa dasyat dalam upaya untuk mengembangkan teknik internet marketing modern yang berwawasan persaingan pasar global melalui pencatatan di halaman mesin pencarian, seperti baidu, msn, google, bing, yandex dan yahoo. Karena itu, banyak para master, pakar, ahli praktisi dan atau konsultan SEO yang mengatakan bahwa “SEO tidak ada matinya”.

Salah satu kunci rahasia SEO dalam mengembangkan teknik seo pada website kantor pengacara anda adalah harus dilakukan dengan penuh kesabaran, kehati-hatian karena terkadang pekerjaan optimasi SEO membutuhkan waktu yang sedikit lebih panjang dan secara berkala mesin pencari melakukan update algoritma. Ya istilahnya “Alon-Alon Asal Kelakon”. Yang terpenting adalah situs kantor advokat kesayangan anda tidak mengalami error akibat terjadi kesalahan dan atau optimasi yang sangat berlebihan. Ibarat manusia, bila diberikan beban untuk mengangkat sesuatu yang tidak sesuai dengan kekuatan dan daya tenaga yang dimilikinya, sudah pasti jatuh karena tidak akan sanggup mengangkatnya. Demikian juga dengan SEO yang dioptimasi ke dalam sebuah website/blog, apabila terlalu berlebihan, sudah bisa dipastikan akan kolaps, dan bahayanya bila sampai terdeteksi oleh mesin pencari (search engine) bisa dianggap sebagai spambot, maka akan menurunkan nilai daya saing SEO dan juga popularitas website anda dimata mesin pencari google.

SEO Off Page, secara umum pengertian-nya dimaknai sebagai optimasi dari luar website/blog kantor pengacara dalam rangka untuk membangun dan mencari link dan atau backlink (sebanyak-banyaknya yang mengarah ke website kantor advokat anda (mengembangkan link building)), tapi ingat utamakan link-link dofollow yang berkualitas dan terbaik ya. Lalu, dengan cara apa dan bagaimana kita melakukannya? Penjelasan kira-kira adalah sebagai berikut sebagai berikut:

Menyebarkan Link Kantor Pengacara di Social Bookmark
Untuk urusan SEO Off Page, apapun flatform Content Management System (CMS) yang anda pergunakan, baik Blogspot, WordPress, Mywapblog atau yang lainnya, telah support dan menyediakan beberapa fasilitas social bookmark, yang mana bisa anda pakai dalam mempromosikan website kantor pengacara anda dari luar web/blog. Ada beberapa social bookmark yang sangat populer di dunia internet dan bloggermania, antara lain: Digg, Pinterest, Delicious, StumbleUpon, Reddit. Social Bookmark ini sangat bermanfaat pada adanya pembaruan posting isi konten (baik berupa tulisan, gambar dan atau video) web/blog yang baru saja anda buat (misalnya bagaimana menjadi serang pengacara perceraian top/terkenal di Medan maupun di Indonesia), sehingga konten tulisan tersebut cepat tersebar dan atau diketahui oleh banyak audiens pula yang menggunakan akun di social bookmark tersebut.

Menyebarkan Link Kantor Pengacara ke Forum-Forum Online
Selanjutnya, anda dapat menyebarkan link website kantor pengacara melalui forum-forum online yang sangat ramai dikunjungi oleh para pengguna internet. Dengan kata lain, forum-forum ini telah dijadikan sebagai pusat dan atau tempat yang paling efektif dan efesien promosi link web/blog, selanjutnya juga untuk mendapatkan trafik yang banyak. Caranya adalah dengan melakukan post berkomentar pada thread yang dibuat orang dan kita tinggalkan signature yang diberi link ke website kantor advokat anda, thread topik harus sesuai dengan tema yang ada bahasannya di web/blog kantor pengacara anda, dan signature yang anda tinggalkan adalah merupakan kata kunci yang anda pilih sesuai dengan yang telah anda target sebelumnya.

Menyebarkan Link Kantor Pengacara di Artikel Directory
Artikel directory digunakan atau dimanfaatkan untuk memperkenalkan website kantor pengacara anda ke-berbagai orang diseluruh penjuru dunia, dengan cara menulis sebuah artikel yang unik, bermanfaat, menarik dan berkualitas, serta jangan lupa untuk meninggalkan link website kantor advokat agar efektif untuk mendapatkan link balasan dari artikel direktori untuk mendapatkan pengunjung yang banyak kedepannya.

Menyebarkan Link Kantor Pengacara pada Website Directory
Memang cara yang satu ini, sangat jarang dilakukan oleh para bloggermania, namun sebenarnya dengan anda bergabung dan atau submit ke website directory tersebut, sebenarnya akan memberikan efek yang berdampak positif besar pada peningkatan jumlah pengunjung ke website/blog kantor advokat anda. Terkadang, para pendatang baru (NEWBIE) di dunia blogger blogspot, wordpress, mywapblog sangat sulit untuk bisa merangkak mendapatkan posisi pada halaman pertama di Google Indonesia, tapi bila telah melakukan submit ke berbagai website directory ini, mudah-mudahan dalam waktu singkat akan bisa mendapatkan posisi terbaik di halaman satu mesin pencarian google, karena link balasan yang berasal dari website directory rata-rata mempunyai page rank tinggi, DA yang tinggi dan traffic yang sangat ramai atau bagus.

Menyebar Link Kantor Pengacara ke Media Sosial
Nah, bila menyebarkan link ke media sosial (seperti facebook, line, twitter, whatsapp, path, dsb) mungkin hal pertama yang anda lakukan dibandingkan dengan menyebarkan link ke situs-situs yang telah kami jelaskan diatas. Memang kecenderungan menggunakan jejaring media sosial, sekarang ini adalah merupakan kebutuhan yang sangat pokok atau primer untuk membangun building SEO jangka panjang. Hal ini disebabkan, link yang berasal dari media sosial telah sangat diperhitungkan oleh seluruh mesin pencari, khususnya dalam ini google Indonesia untuk meningkatkan popularitas peringkat sebuah web/blog kantor pengacara. Algoritma SEO milik google telah mensyaratkan dan memaknai bahwa jejaring media sosial adalah merupakan tempat berkumpulnya banyak orang dari seluruh penjuru dunia, dan jikalau anda mendapatkan visitor yang masuk melalui jejaring social media ini, maka google beranggapan bahwa visitor anda merupakan manusia yang benar-benar tertarik dengan keberadaan website kantor pengacara anda, dan bukan sebaliknya yang merupakan robot spam yang sering menyusup datang ke website kantor pengacara anda.

Satu hal yang terpenting bila anda melakukan teknik optimasi SEO OffPage, agar tidak melakukan tindakan-tindakan yang sangat berlebihan, karena efeknya bisa sangat fatal, yaitu berupa pemberangusan website/blog kantor pengacara anda dari list halaman google karena dianggap sebagai spam dan akan dimasukkan ke dalam “sandbox google”. Syarat standar yang ditetapkan atau ditentukan oleh para mesin pencari untuk mendapatkan backlink dari situs-situs diatas, lakukanlah secara berkala cukup dengan 3 sampai 5 backlink saja perharinya, dengan prinsip sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit.

Demikian, artikel atau tulisan kami tentang sebuah kantor pengacara nomor satu (1) di Google Indonesia untuk bisa anda pergunakan pada CMS (Content Management System) web/blog kantor pengacara yang anda pakai, semoga apa yang kami jelaskan diatas ada manfaatnya. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih. Salam Advokat – Lawyer – Pengacara – Konsultan Hukum Indonesia. (Silaen)

No comments:

Post a Comment