Monday, 11 July 2016

Contoh Draft Format Surat PHK (Pemutusan Hubungan Kerja)

Dalam hubungan kerja antara perusahaan/pengusaha dengan buruh, pekerja, karyawan atau pegawai terkadang terjadi hal-hal yang tidak harmonis ataupun karena ada kejadian-kejadian dan kondisi khusus, sehingga diambil keputusan atau kebijakan untuk mengakhirinya dengan melakukan perbuatan pemutusan hubungan kerja (phk) terhadap buruh, pekerja, karyawan ataupun pegawainya.

Contoh Draft Format Terlengkap Surat PHK Karyawan atau Buruh di Perusahaan atau Institusi Berikut dengan Alasannya

Secara teori, banyak alasan dan dasar yang dipergunakan seorang pimpinan atau manajemen perusahaan ataupun institusi untuk mengambil keputusan memutuskan hubungan kerja dan atau memberhentikan buruh, pekerja, karyawan ataupun pegawainya dari unit tempatnya bekerja, baik diberhentikan dengan segala hormat maupun tidak dengan hormat. Alasan PHK dimaksud dapat berupa:
  1. Kondisi keuangan perusahaan atau institusi yang lagi tidak sehat atau kurang baik, sehingga untuk mengatasi diambil kebijakan untuk memangkas atau merampingkan sumber daya manusia (tenaga kerja) agar item pengeluaran perusahaan dapat diperkecil;
  2. Bisa juga karena hasil dari review kinerja buruh, pekerja, karyawan atau pegawai yang bersangkutan tidak memberikan hasil yang baik, sehingga disimpulkan kedepannya tidak mampu memberikan kontribusi yang maksimal bagi perusahaan atau bahkan apabila terus mempertahankannya dikuatirkan akan sangat merugikan perusahaan;
  3. Bisa juga buruh, pekerja, karyawan atau pegawai yang bersangkutan melakukan perbuatan yang tidak etis ataupun melanggar norma-norma hukum yang berlaku (misalnya pelecehan seksual, penganiayaan, pencurian, penipuan dan/atau penggelapan, dsb);
  4. Atau merugikan perusahaan, misalnya membocorkan rahasia perusahaan, meminta atau menerima hadiah atau upeti dari perusahaan kolega atau mitra kerja perusahaan tempat bekerja;
  5. Dan lain sebagainya;
Mengenai contoh, draft dan format surat PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), sebenarnya sudah banyak dibuat, baik secara offline maupun online di media internet via website atau blog. Nah, bagi anda sahabat karib para advokat, khususnya dari “Kantor Hukum Advokat Silaen & Associates” yang ingin melihat atau sedang mencari dan membutuhkan contoh dan format surat PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), berikut akan kami cantumkan contoh, draft dan format surat PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) tersebut.

----- KOP SURAT PERUSAHAAN ATAU INSTITUSI -----
Jalan. Medan – Tanjung Morawa Km. 11,8 Telepon. (061) 8901234

*******

Nomor.: 0188/PT.ABC/SK.03/VII/2016
Hal.: SURAT PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA (PHK)
Lamp.: 1 exp.-

Dengan ini diberitahukan dan disampaikan kepada Saudara/Saudari (pilih salah satu):

Nama: Charles Budi Hatigoran Situmorang, SH
Tempat/Tanggal Lahir: Balige, 17 Agustus 1987
Jenis Kelamin: Laki-laki
Agama: Kristen Protestan
Jabatan: Assisten HRD Bidang Legal Officer
Masa Kerja: 2 tahun 4 bulan 21 hari
Alamat: Jalan Pertempuran Gang Kasih No. 102 Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan

Bahwasanya Perseroan Terbatas ABC Utama berdasarkan hasil rapat manajemen pada tanggal 11 Juli 2016 tentang monitoring hasil kerja karyawan (terlampir), perusahaan telah mengambil keputusan untuk memutuskan hubungan kerja dengan saudara.

Keputusan ini diambil setelah mempertimbangkan hasil kinerja saudara selama ini dinilai kurang memberikan kontribusi penting dan nyata bagi perseroan atau perusahaan.

Mengenai hal-hal yang berhubungan dengan hak dan kewajiban saudara untuk mekanisme penyelesaiannya agar menghubungi saudari Halimah Syarif, SE paling lama 7 (tujuh) hari sejak tanggal surat PHK ini.

Demikian surat ini diperbuat, atas perhatian dan pengertian serta sumbangsih saudara kepada perusahaan selama ini, perusahaan dan manajemen mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Ditetapkan di: Medan
Tanggal: 14 Juni 2016

Hormat kami,
PT. ABC Utama


N. Hasudungan Silaen, SH
Direktur Utama

Tembusan:
1. Para Direktur PT. ABC Utama;
2. Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kota Medan;
3. Pertinggal.

*******
Semoga postingan kami berupa tulisan yang membahas tentang contoh format surat PHK atau Pemutusan Hubungan Kerja ini dapat bermanfaat dan membantu anda yang sedang mencari format surat PHK dan juga atau bagi pemerhati masalah hukum, khususnya yang sedang belajar legal drafting, terima kasih atas kunjungannya. Sekian dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment

No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....