Tuesday, 29 March 2016

Soal Ujian Nasional (UN) Di Sumut Sudah Mulai Didistribusikan

Tanggal 4 sampai dengan 7 April 2016 ini, siswa SMA/SMU sederajat akan melangsungkan ujian nasional (UN) Tahun 2016 serentak di seluruh Indonesia, kemudian pada tanggal 9 hingga 12 Mei yang akan datang, siswa tingkat SMP sederajat yang akan melaksanakan ujian nasional (UN).

Distribusi Soal Ujian Nasional (UN) Tahun 2016 Untuk SMA-SMP Dan Sederajat Di Provinsi Sumut

Di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), pada penyelenggaraan ujian nasional tahun ini, yang diangkat sebagai Ketua Panitia UN Provinsi Sumut adalah Yuniar. Berdasarkan hasil penelusuran, bahwa naskah ujian nasional (UN) telah tiba di Medan pada 21 Maret lalu dan saaat ini disimpan di gudang milik Lanud Soewondo Medan (eks Bandara Polonia). Naskah UN tersebut akan mulai didistribusikan ke kabupaten/kota di Sumatera Utara (Sumut) mulai hari Senin (28 Maret) dini hari kemarin.

Target utama yang menjadi skala prioritas untuk pengiriman pertama adalah sebanyak 5 (lima) kabupaten di Kepulauan Nias, sedangkan pengiriman di Kota Medan, baru akan didistribusikan pada Kamis (31 Maret). Alasan mengapa 5 (lima) kabupaten di kepulauan Nias yang menjadi target prioritas utama pengiriman adalah disebabkan kondisi jaraknya yang cukup jauh dari Kota Medan. Baru setelah Kepulauan Nias, pada malam harinya naskah ujian nasional (UN) tersebut akan diberangkatkan ke Kabupaten Mandailing Natal, Tapanuli Selatan dan Kota Padangsidimpuan.

Setelah soal UN tersebut tiba di daerah kabupaten/kota, maka kepala sekolah yang sekolahnya sebagai penyelenggara ujian nasional (UN) akan mengambil sendiri ke Kantor Dinas Pendidikan di masing-masing kabupaten/kota. Untuk jadwal pengiriman sudah sesuai dengan apa yang diputuskan bersama oleh tim agar pada saat penyelenggaraan UN berlangsung semua siswa yang terdaftar bisa mengikuti tepat waktu dan pelaksanaan UN di Sumut berjalan lancar dan sukses.

Dalam rangka menjamin profesionalisme dalam penyelnggaraan ujian nasional (un), pihak-pihak yang terkait dalam pelaksanaan UN Tahun 2016, semua pihak telah menandatangani pakta integritas bersama unsur petugas pendataan, penerima berkas/sortir lembar jawaban ujian nasional, petugas keamanan dan penghitung, serta pengangkat naskah. Dengan kata lain, seluruh petugas panitia UN bekerja tepat waktu, memiliki akuntabilitas, integritas, dan kejujuran.

Dari data yang ada pada Dinas Pendidikan Provinsi Sumut, tahun ini ada sebanyak 483.066 siswa yang akan mengikuti UN. Untuk tingkat SMA sebanyak 102.039 siswa, terdiri dari kelompok IPA sejumlah 58.774 siswa, kelompok IPS sebanyak 43.136 siswa, dan kelompok Bahasa sebanyak 129 siswa. Ujian nasional Tahun 2016 ini juga diikuti sejumlah 21.516 peserta dari Madrasah Aliyah (MA), dengan perincian sebanyak 9.886 siswa dari kelompok IPA, 10.864 siswa dari kelompok IPS, 39 siswa kelompok Bahasa dan 734 siswa program Keagamaan. Sementara untuk peserta dari kelompok SMA luar biasa sejumlah 39 siswa, SMK sebanyak 80.388 siswa, dan program kejar Paket C sebanyak 7.639 siswa. Sedangkan untuk peserta ujian nasional (UN) tingkat SMP sederajat sebanyak 271.263 siswa, dengan perincian sebanyak 206.655 siswa SMP, sebanyak 59.476 siswa MTs, sebanyak 1.144 siswa SMP terbuka, sebanyak 59 siswa SMP luar biasa, dan sebanyak 3.919 siswa Paket B.

No comments:

Post a Comment

No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....